Sukses

Ignasius Jonan Diminta Bikin Biaya Penerbangan Lebih Efisien

Tugas utama Ignasius Jonan untuk dunia penerbangan di Indonesia yaitu menyusun kebijakan agar ongkos operasional maskapai di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan ditunjuk menjadi Menteri Perhubungan (Menhub) dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penunjukan Jonan menuai harapan dari para pelaku usaha transportasi.

CEO Indonesia AirAsia Extra Soeratman Doerachman mengaku pihaknya menyambut baik penunjukan Jonan sebagai Menhub. Dia juga menyampaikan harapan tersendiri.

"Harapan saya beliau dapat membawa penerbangan kita pada tingkat lebih tinggi dibandingkan negara lain," ujarnya usai konferensi pers di Potato Head Garage, Kawasan SCBD, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Menurut dia, tugas utama Jonan untuk dunia penerbangan di Indonesia yaitu menyusun kebijakan agar ongkos operasional maskapai di Indonesia bisa lebih efisien. Dengan demikian diharapkan akan mampu bersaing dengan penerbangan di negara lain.

"PR-nya terutama cost yang tidak efisien di Indonesia, Pak Menteri harus memperhatikan itu, lebih terutama masalah cost. Bukan hanya PR Menkeu, tapi hal yang diprioritaskan," tandasnya.

Seperti diketahui, Ignasius Jonan mulai menjabat sebagai Dirut PT KAI sejak 2009. Berkat kegigihannya, KAI yang pada 2008 mengalami kerugian hingga mencapai Rp 80 miliar kini berhasil meraup untung hingga ratusan miliar, dengan melakukan perbaikan strategi dan pembenahan SDM.

Pria kelahiran Singapura, 21 Juni 1963 ini pun dianggap berhasil merubah wajak kereta api yang dikenal sebagai alat transportasi yang kumuh dan sumpek menjadi bersih dan tertata. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.