Sukses

Target Jangka Pendek Sofyan Djalil: Sederhanakan Izin UMKM

Selama ini UMKM kesulitan untuk mendapatkan izin usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengaku memiliki target jangka pendek untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia. Target tersebut yaitu menyederhanakan izin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Yang terpenting saat ini bagaimana mempercepat yang bisa dipercepat, yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Pertama, bagaimana kita menyederhanakan UMKM," tutur Sofyan di Kantor Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Menurut mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, untuk mendapatkan izin UMKM saat ini dirasakannya cukup sulit. Sofyan tak mau masalah perizinan atau birokrasi menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Nanti bikin satu izin saja sehingga mereka bisa cepat mendapatkan kredit perbankan. Jangan birokrasi itu menghambat pertumbuhan ekonomi. Perlu diketahui Pak CT (mantan Menko Perekonomian) beberapa waktu telah mulai dan ini perlu diteruskan," jelasnya.

Selain itu, Sofyan juga mengatakan perlu mempermudah kredit pinjaman luar negeri. Ia merasa pinjaman yang diberikan prosedurnya sulit.

"Kelembagaan yang nilai tambahnya banyak adalah kredit pinjaman luar negeri. Itu kan repot sekali orang mengurus izin pinjaman luar negeri. Apakah masih perlu? Kalau masih perlu, ayo kita sederhanakan dan tidak perlu sampai bulanan untuk dapat persetujuan berbagai kementerian untuk pinjaman," tandas Sofyan. ((Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.