Sukses

JK Perintahkan Dua Kementerian Ini Saling Berkoordinasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat dengan Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menko Kemaritiman Indroyo Soesilo.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat dengan Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo. Hasilnya rapat tersebut, JK meminta dua kementerian itu saling berkoordinasi.

"Rapat tadi, hubungan antara Menteri Koordinator Bidang Ekonomi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman sangat dekat, karena di sana ada Menteri Perhubungan, Menteri ESDM, Menteri Pariwisata dan kita harus banyak kerjasama dan koordinasi yang fleksibel. Itu inti yang disampaikan Pak JK," kata Sofyan di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

"Jadi saya akan banyak sekali berkoordinasi dengan kementerian yang berada di bawah kemaritiman," tambahnya.

Menurut mantan Menteri BUMN itu menerangkan koordinasi dibutuhkan apalagi tiap kebijakan akan saling bersinggungan demi kemajuan perekonomian Indonesia. Ia pun menegaskan akan berusaha melakukan koordinasi sebaik-baiknya.

"Kita bikin koordinasi itu cair, karena banyak sekali kebijakan dan keputusan yang melibatkan beberapa kementerian," terangnya.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan dalam Kabinet Kerja yang dibuatnya terdapat empat Kementerian Koordinator termasuk salah satu yang baru yaitu Kementerian Koordinator Bidang Maritim.

Kementerian ini membawahi empat kementerian yakni Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Pariwisata. Sebelumnya, empat kementerian tadi di bawah koordinasi bidang perekonomian. Meski sudah bukan di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.