Sukses

Kemendag Bakal Evaluasi Sistem SNI

Kemendag akan mengevaluasi sistem Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) agar menciptakan produk yang bersaing.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengevaluasi sistem Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) agar menciptakan produk yang bersaing.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menilai evaluasi ini penting, mengingat selama ini penilaian SNI justru sebagian besar berasal dari laboratorium luar negeri.

"Kita mengevaluasi sistem standarisasi nasional kita karena ada SNI yang menggunakan laboratorium luar negeri bukan dalam negeri, justru kita perkuat dong dalam negeri kita," tutur dia, di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Dia mengatakan, evaluasi tersebut bertujuan untuk melindungi konsumen dalam negeri. Lanjut dia, itu juga  ditujukan untuk menyikronkan fasilitas Kementerian Perdagangan dengan Kementerian dan Lembaga lainnya.

Di samping itu, dalam rapat koordinasi ini pihaknya juga melaporkan kesiapan pemerintah dalam perundingan perdagangan bebas.

"Saya melaporkan kesiapan G20 dan APEC'" terangnya. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.