Sukses

Hanya Tamat SMP, Susi Pudjiastuti Sempat Gugup Hadapi Pejabat KKP

"Saya ragu semua eselon I dari akademisi yang handal doktor, profesor dengan ijazah saya miliki, mau mengobrol apa saya dengan bapak?"

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan telah berkoordinasi dengan para pejabat eselon untuk mengawali kerjanya. Namun, Bos Susi Air ini mengaku sempat gugup karena lawan bicara dari para pejabat eselon memiliki tingkat pendidikan yang jauh lebih tinggi.

Sebagaimana diketahui, Susi merupakan pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation yang hanya berijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Saya ragu semua eselon I dari akademisi yang handal doktor, profesor dengan ijazah saya miliki, mau mengobrol apa saya dengan bapak?" kata dia dalam sambutan serah terima jabatan, di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Akan tetapi, dia mengatakan bisa bicara panjang lebar dengan para pejabat. Menurutnya, selama memiliki logika yang baik pendidikan bukanlah menjadi kendala.

"Kita punya common sense dan logika," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Susi membeberkan satu program yang bakal dikejarnya yaitu optimalisasi sumber daya laut dari perikanan. Pasalnya, meski sebanyak 70 persen wilayah Indonesia terdiri dari laut potensi itu tidak tergarap dengan maksimal.

Tambahnya, nilai ekspor sektor perikanan masih di bawah negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. "Angka ekspor kita lebih rendah dari Thailand dan Malaysia, ini target kita semua," terang dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.