Sukses

BEI Targetkan 35 Perusahaan Catatkan Saham pada 2015

Manajemen BEI menargetkan 35 perusahaan akan menawarkan saham perdana sepanjang 2015.

Liputan6.com, Jakarta Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan 35 perusahaan akan menawarkan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di pasar modal Indonesia sepanjang 2015. Meredanya isu-isu politik yang meramaikan industri permodalan Tanah Air sepanjang tahun ini diyakini akan menambah jumlah emiten tahun depan.

"Target real BEI sebenarnya 30 emiten sama dengan tahun ini. Nah yang lima emiten itu sebenarnya perkiraan limpahan investor tahun lalu yang tidak jadi IPO karena hingar bingar politik di Tanah Air," Direktur Utama BEI Ito Warsito saat ditemui di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Dia menjelaskan, tanpa hiruk pikuk politik tahun ini, sebenarnya target 30 emiten bisa tercapai. Hanya saja banyak investor yang akhirnya memilih mundur atau menunda IPO-nya.

"Setidaknya tahun depan ada stabilitas politik karena tahun lalu, isu politik itu menjadi salah satu penghambat pencapaian target IPO 30 emiten," terangnya.

Selain itu, tidak adanya perubahan target pertumbuhan ekonomi yang signifikan di kisaran 5,4-5,7 persen tahun depan juga dapat meyakinkan manajemen perusahaan untuk menggelar IPO.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penilaian BEI Hoesen juga mengatakan, dirinya tetap optimistis dengan patokan target 35 emiten tahun depan. Padahal tahun ini, BEI melakukan target revisi jumlah emiten yang mencatatkan saham perdana.

"Benchmark negara lain lebih banyak, ya kita tentu juga harus lebih banyak karena potensinya juga besar. Tadinya malah ada yang mengusulkan 50," pungkasnya. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.