Sukses

Ini Dia Wanita Paling Berpengaruh di Panggung Keuangan Dunia

Gubernur Bank sentral Amerika Serikat (The Fed) Janet Yellen didaulat sebagai wanita paling berpengaruh di panggung keuangan internasional.

Liputan6.com, New York - Tak kalah dengan para pria, wanita juga mampu menari di panggung bisnis perbankan dan keuangan dunia. Terbukti, berdasarkan hasil survei Forbes bertajuk 'World’s 72 Most Powerful People', Gubernur Bank sentral Amerika Serikat (The Fed) Janet Yellen didaulat sebagai wanita paling berpengaruh di panggung keuangan internasional.

Mengutip laman Forbes, Kamis (6/11/2014), Yellen berhasil mencetak sejarah baru dalam keuangan dunia dengan menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai pimpinan tertinggi The Fed.

Terlebih lagi mengingat The Fed merupakan Bank Sentral paling berpengaruh di dunia dengan aset hingga US$ 4,5 triliun.

Tanpa ragu, pada Oktober, The Fed di bawah kepemimpinan Yellen mengumumkan akan menarik seluruh dana stimulus yang semula bernilai US$ 85 miliar per bulan. Dalam benak Yellen, hanya ada satu mimpi sekarang yaitu mencapai mimpi perbaikan ekonomi AS.

"Peningkatan kesenjangan perekonomian di AS merupakan salah satu hal yang menguras perhatian saya. Yang terpenting sekarang bagaimana memberikan peluang yang sama bagi seluruh warga AS," tandasnya.

Sementara secara keseluruhan, wanita berusia 68 tahun ini berada di peringkat keenam orang paling berpengaruh di dunia. Dia berhasil naik satu peringkat dari tahun sebelumnya atas berbagai kebijakan yang diambil selama memimpin The Fed sejak Februari tahun ini.

Sekadar informasi, setiap tahun Forbes meluncurkan 72 nama orang paling berpengaruh di dunia. Ke-72 nama tersebut diambil dengan perhitungan satu dari setiap 100 juta penduduk bumi.

Survei dilakukan dengan mengukur sumber daya finansial, jangkauan kekuasaannya, cara menggunakan kekuasaan dan berapa banyak orang yang terkena dampak dari kekuasaannya.

Selain itu penyusunan peringkat juga didasarkan pada bagaimana seseorang dapat menggerakkan masyarakat, pasar, tentara hingga pikiran penduduk dunia. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini