Sukses

Terbang di Bawah 3 Jam, Sudirman Said Selalu Pakai Kelas Ekonomi

Dengan menggunakan kelas ekonomi, para pejabat bisa berinteraksi dan dikenal oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyambut baik arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang meminta kepada para pejabat pemerintahan termasuk juga para direksi BUMN untuk menggunakan pesawat kelas ekonomi saat melakukan perjalanan dinas.

Menurut Sudirman, dengan langkah seperti itu, para pejabat melakukan penghematan anggaran. Jika dilihat secara parsial, memang nilai yang dihemat tidak besar. Namun jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka anggaran yang bisa dihemat cukup besar.

Ia sendiri sudah sering melakukan perjalanan dinas dengan menggunakan pesawat kelas ekonomi. Namun memang, tak semua perjalanan dinas ia lakukan menggunakan pesawat kelas ekonomi.

"Kalau perjalanan kurang dari 3 jam, mau di posisi apapun ekonomilah. Tetapi kalau belasan terbang, memerlukan istirahat baru kelas bisnis," kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jumat (7/11/2014).

Menurut Sudirman himbauan Rini Soemarno bisa diterapkan, karena saat ini yang dibutuhkan efekstifitas, bukan gaya. "kebijakan wajar dan biasa diterapkan di corporate. Terbang soal fungsi bukan gaya," tuturnya.

Sudirman menambahkan, dengan menggunakan kelas ekonomi, para pejabat bisa berinteraksi dan dikenal oleh masyarakat. Namun ia masih mengkaji terobosan tersebut untuk diterapkan pada instansinya.

"Nanti saya cek, tapi baik ditiru. Mau Menteri Dirjen terbang ke mana. Ini baik untuk disosialisasikan, pejabat publik harus dekat dengan masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Rini Soemarno akan melarang seluruh pejabat di Kementerian BUMN menggunakan kelas bisnis dalam menggunakan sarana transportasi, salah satunya pesawat terbang.

Ketentuan tersebut diperintahkan usai dirinya melakukan kunjungan ke Medan pada Kamis (6/11/2014). Pada kunjungan tersebut, ia juga menggunakan fasilitas penerbangan kelas ekonomi. "Naik ekonomi, sama saja rasanya, itu biar tidak ada pemborosan dan kita harus bisa melakukannya itu," katanya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo
    Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo

    Sudirman Said

Video Terkini