Sukses

Paus Fransiskus, Pimpinan Dunia yang Senang Hidup Sederhana

Paus Francis adalah pemimpin mutlak Vatikan, negara merdeka terkecil di dunia, serta menjadi kepala Gereja Katolik Roma dan Keuskupan Roma.

Liputan6.com, New York - Pimpinan paling berpengaruh di dunia biasanya meninggalkan kesan mewah dan eksklusif pada dirinya. Berbeda dengan sebagian besar pimpinan negara lain, Paus Fransiskus merupakan sosok yang sangat rendah hati.

Secara teknis, Paus bukanlah seorang presiden. Paus merupakan Kepala Gereja Katolik yang kekuasaannya setara dengan presiden karena merupakan salah satu pemimpin dunia yang paling kuat.

Saat ini, Paus Fransiskus adalah pemimpin mutlak Vatikan, negara merdeka terkecil di dunia, serta menjadi kepala Gereja Katolik Roma dan Keuskupan Roma. Jika ditanya mengenai pendapatan, Paus Fransiskus bahkan tidak menerima sedikit uang pun dari jabatannya sekarang. Dia juga lebih memilih tinggal di wisma sederhana.

Berikut lika-liku kehidupan sederhana Paus Fransiskus seperti dikutip dari The Richest, BBC, dan sejumlah sumber lain, Jumat (7/11/2014):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sosok Paus Fransiskus

Selintas mengenai Paus Fransiskus

Lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio, Paus Fransiskus dibesarkan di Buenos Aires, Argentina meskipun keturunan keluarga Italia. Pekerjaan pertamanya sebelum bergabung dengan seminari adalah seorang teknisi kimia dan tukang pukul klub malam.

Di usia 33 tahun, dia ditahbiskan jadi pastur selama enam tahun. Dia merupakan pimpinan Provincial Superior of the Society of Jesus di Argentina.

Pada 1998, dia lantas menjadi Uskup Agung Bueons Aires, Argentina. Tiga tahun kemudian, Bergoglio (kini Paus Fransiskus) dipilih oleh Cardirnal.

Setelah Paus Benediktus XVI mengundurkan diri karena alasan kesehatan Bergoglio terpilih sebagai penggantinya. Fransiskus merupakan nama yang dia pilih untuk menghargai ordonya St Francis Assisi.

 

3 dari 5 halaman

Hidup sederhana

Terpilih menjadi Paus tapi tetap sederhana

Fransiskus merupakan Paus pertama yang berasal dari luar Eropa selama 1.271 tahun sejak terpilih. Sebagai salah satu pimpinan berpengaruh di dunia, Fransiskus dikenal sebagai sosok yang rendah diri dan hidup dengan cara yang sangat sederhana.

Paus Fransiskus juga terkenal irit dan tidak pernah menghabiskan uang secara berlebihan. Alih-alih tinggal di apartemen kepausan di Apostolic Palace, ia memilih untuk tinggal di wisma Domus Sanctae Marthae.

Dia juga memilih mengenakan pakaian yang terbilang cukup sederhana. Pakaian yang dikenakannya bahkan tanpa dihiasi ornamen apapun.

 

4 dari 5 halaman

Kerja tanpa gaji

Paus Fransiskus bekerja tanpa gaji

Paus Fransiskus dengan tegas menekankan bahwa umat kristen memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat miskin dan membutuhkan. Tanpa digaji, Paus Fransiskus terus mendorong para pimpinan negara di seluruh pelosok dunia untuk berkomitmen menghancurkan kesenjangan antara penduduk kaya dan miskin.

Dia juga menantang para pimpinan dunia untuk menentang segala bentuk ketidakadilan. Paus Fransiskus juga sering mendorong negosiasi perdamaian serta dialog antar agama.

Paus juga sangat menyayangkan terjadinya kesenjangan penghasilan yang terlalu besar di antara masyarakat. Pengaruhnya sangat kuat dan mampu meyakinkan sebagian besar umatnya untuk menyayangi penduduk miskin. (Sis./Ndw)


 

Terpilih menjadi Paus tapi tetap sederhana

Fransiskus merupakan Paus pertama yang berasal dari luar Eropa selama 1.271 tahun sejak terpilih. Sebagai salah satu pimpinan berpengaruh di dunia, Fransiskus dikenal sebagai sosok yang rendah diri dan hidup dengan cara yang sangat sederhana.

Paus Fransiskus juga terkenal irit dan tidak pernah menghabiskan uang secara berlebihan.
Alih-alih tinggal di apartemen kepausan di Apostolic Palace, ia memilih untuk tinggal di wisma Domus Sanctae Marthae.

Dia juga memilih mengenakan pakaian yang terbilang cukup sederhana. Pakaian yang dikenakannya bahkan tanpa dihiasi ornamen apapun.

5 dari 5 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.