Sukses

Cegah Nelayan Curang, Pertamina Terbitkan Kartu Penyaluran BBM

Pertamina ingin penyaluran BBM tepat sasaran.

Liputan6.com, Tangerang - PT Pertamina (Persero) sedang membangun sistem penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi untuk nelayan. Hal tersebut bertujuan agar penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan, sistem tersebut berupa kartu khusus untuk membeli BBM bersubsidi bagi nelayan golongan tertentu.

"Kita harapkan ada sistem satu nelayan dapat berapa liter per hari dan melautnya dapat ikan berapa kilo," kata Hanung di kawasan nelayan Tanjung Pasir Tangerang Banten, Selasa (11/11/2014).

Menurut Hanung, sistem yang diharapkan dapat beroperasi bulan depan tersebut berfungsi untuk mengendalikan penyalahgunaan BBM bersubsidi.

Pasalnya, disinyalir ada oknum nakal menyalahgunakan BBM bersubsidi dengan menjual kepada pihak yang tidak berhak di tengah laut.

"Nggak ada kaitanya dengan kenaikan harga BBM. Ini memastikan nelayan dapat BBM bersubsidi tidak disalahgunakan jadi kalau ke laut nggak dijual di laut," tuturnya.

Hanung menambahkan, untuk menjalankan sistem tersebut, PT Pertamina akan menggandeng BRI dan Kementerian Kelautan Perikanan. Saat ini sistem tersebut sudah diujui cobakan di kawasan nelayan Cilincing Jakarta.

"Kita sedang bangun sistem bersama KKP dan BRI. Paling lama satu bulan," pungkas dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.