Sukses

Alasan Sudirman Said Gelar Lelang Jabatan Eselon I ESDM

Menteri ESDM Sudirman Said akan melelang jabatan pejabat eselon I atau setingkat Dirjen dan Kepala Badan di Kementerian ESDM.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan melelang jabatan pejabat eselon I atau setingkat Dirjen dan Kepala Badan di lingkungan Kementerian ESDM. Hal ini bertujuan untuk menempatkan orang-orang terbaik dan profesional di bidangnya.

Dilansir dari situs Dirjen Migas, Rabu (12/11/2014) Sudirman mengungkapkan dirinya ingin terus melakukan penyegaran organisasi di berbagai tingkatan, tidak hanya di tingkat eselon I. 

Penyegaran ini akan diatur dengan cara yang baik, salah satunya adalah berdasarkan usulan dari beberapa pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM agar dilakukan lelang jabatan.

“Sempat muncul ide dari beberapa (pejabat) eselon I, kenapa tidak dilakukan lelang jabatan dan saya kita itu baik. Bahkan itu muncul dari teman-teman eselon I. Artinya memang ada suatu suasana baru. Kita ingin menempatkan orang-orang terbaik, profesional dan caranya ya (melalui) lelang,” ujarnya.

Sisi positif mekanisme lelang jabatan, lanjut Sudirman, memberikan sense of responbility terhadap pejabat tersebut. Tidak hanya sebatas kesanggupan menjalankan tugas, tetapi juga kemampuan melaksanakan tanggung jawabnya.

Mekanisme lelang jabatan ini akan dikaji oleh Sekjen Kementerian ESDM beserta timnya. Diharapkan dalam waktu 2 bulan, mekanisme lelang ini sudah dapat diselesaikan. “Mudah-mudahan sebelum akhir tahun kita sudah punya organisasi yang lebih segar,” kata Sudirman.

Sudirman juga menegaskan, lelang jabatan ini bukan berarti pihaknya akan menempatkan orang-orang dari luar unit-unit tersebut. Sebaliknya, dirinya mendukung pejabat dari dalam karena banyak yang berkompeten. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini