Sukses

Kala Peritel Raksasa Eropa Ramai-ramai Buka Toko di RI

Dalam sebulan terakhir, tiga raksasa ritel Eropa membuka toko di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Reporter: Nurseffi Dwi Wahyuni, Septian Deny

 

Dalam sebulan terakhir, tiga raksasa ritel Eropa membuka toko di Indonesia.  Ketiga peritel tersebut yaitu Perusahaan ritel produk interior asal Swedia, IKEA, JYSK dari Denmark dan Courts asal Inggris.

IKEA pertama kali membuka tokonya Indonesia pada 15 Oktober 2014 di Alam Sutera, Tangerang. Toko IKEA yang ke-364 ini merupakan yang paling baru dari 46 negara di dunia. Kehadiran IKEA memang sudah dinanti-nantikan. Apalagi produk dari peritel asal Swedia ini dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang unik.

Ketua Umum Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Handaka Santosa mengatakan, dengan dibukanya toko IKEA di Indonesia akan berdampak baik karena masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan untuk membeli produk interior.

"Ini akan menambah pilihan bagi masyarakat, jadi ini lebih bagus dan lebih baik," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain itu, dengan dibukanya toko IKEA di Indonesia, masyarakat kalangan menengah ke atas tidak perlu lagi mencari ke negara lain seperti selama ini.

"Dulu orang kalau mau beli barang-barang IKEA harus ke Singapura. Sekarang karena sudah ada di Indonesia sudah tidak perlu luar negeri, tidak perlu mengeluarkan uang untuk menginap dan makan pakai dolar. Jadi kadang-kadang kita mesti berpikir jauh kedepan," lanjutnya.

IKEA didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Courts dan JYSK

Tak hanya IKEA, Perusahaan ritel asal Inggris, Courts juga resmi membuka toko pertamanya di Indonesia pada Sabtu 18 Oktober 2014.  di Toko yang berada di Kota Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat ini diklaim sebagai toko terbesar se-Asia Tenggara. Toko tersebut dibangun di atas lahan 2 hektare dengan luas 12 ribu meter persegi.

Terakhir gerai JYSK, Ritel Furniture asal Denmark yang membuka toko keduanya di Indonesia yang berada di Pluit Village, Jakarta, pada Selasa 11 November lalu. Sebelumnya, JYSK telah meresmikan toko pertamanya di Mal Taman Anggrek pada Februari 2014.

JYSK Group berpusat di Scandinavia dengan toko pertamanya di Aarhus, Denmark yang dibuka 1979. Saat ini memiliki 2.100 toko di 36 negara termasuk Indonesia.

Menanggapi hal ini, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan bahwa dengan makin banyaknya ritel asing yang membuka gerainya di dalam negeri menunjukan bahwa perekonomian Indonesia sudah diperhitungkan oleh negara lain.

"Kalau kita lihat Indonesia sudah diperhitungkan oleh negara lain, terutama jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lain. Middle income kita yang baik dan ada kepercayaan dari asing untuk berusaha di Indonesia sehingga banyak brand yang masuk," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (14/11/2014). (Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini