Sukses

BI Rate Jadi 7,75%, Bunga Kredit Bank Siap-siap Naik

Pihak perbankan membutuhkan waktu untuk segera menaikkan suku bunga kreditnya seiring BI rate naik 25 bps.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) kemarin telah mengumumkan kenaikan suku bunga acuan (BI rate) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 7,75 persen.

Tidak hanya itu, kenaikan juga diputuskan untuk landing fasility sebesar 50 bps menjadi 8 persen. Sedangkan untuk deposit fasility dipertahankan di angka 5,5 persen.

Ekonom Bank Standard Chartred‎, Eric Alexander Sugandi menilai, apa yang diputuskan BI tersebut juga akan diikuti dengan naiknya suku bunga kredit oleh industri perbankan.

"Mungkin perbankan akan merespons juga dengan menaikkan suku bunga kreditnya, namun ini butuh waktu, tidak langsung naikin juga," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (19/11/2014).

Ia memperkirakan, respons kenaikan suku bunga tersebut akan dilakukan paling cepat satu bulan ke depan. Meski begitu dirinya menilai kenaikan suku bunga kredit tersebut tidak akan dilakukan oleh semua bank.

"‎Tergantung likuiditas bank juga, karena takutnya kalau naikin bunga kredit yang ada melambat kreditnya nanti‎, itu kembali ke bank masing-masing," paparnya.

Seperti diketahui, Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuannya dalam rangka menjangkar pergerakan inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi yang dimana kenaikan inflasi sudah mulai terjadi pada awal November.

Tidak hanya itu, kenaikan BI Rate yang juga dibarengi kenaikan landing fasility sebesar 50 bps menjadi 8 persen akan membantu mengarahkan defisit neraca transaksi berjalan ke arah yang lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.