Sukses

Ini Tugas Pertama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi

Menurut Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, pembenahan yang akan dilakukannya terkait sistem proses internal SKK Migas.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi menyatakan langkah pertama setelah dilantik adalah melakukan pembenahan lembaga.

Amien Sunaryadi mengatakan, meski pengetahuannya soal dunia migas masih terbatas, tetapi ia paham saat ini ada banyak transaksi yang harus dipercepat dan jelas.

"Saya memahami di Indonesia ada 300 perusahaan KKKS (kontraktor Kontrak Kerjasama) yang diberi kontrak eksplorasi dan produksi. KKKS disupport 1.500 kontraktor dimana hubungan dalam bentuk transaksi sangat banyak supaya bisa cepat ada kepastian dibutuhkan proses jelas tapi prudent," kata Amien, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (18/11/2014).

Oleh karena itu, Amien akan melakukan pembenahan berbagai proses yang melibatkan SKK Migas dalam waktu dekat baik internal maupun eksternal.

"Saya melihat dalam singkat kira-kira pembenahan sistem terkait berbagi proses internal SKK Migas, SKK dan KKKS dan KKKS dengan Kontraktor. Kalau sistem itu dibenahi ada kecepatan dan kepastian tinggi," ungkapnya.

Selain itu, menurut Amien, perlu dilakukan pembenahan lembagaan SKK Migas, dengan menyempurnakan dan mengubah struktur, membenahi sistem manajemen keuangan.

"Saya yakin proses jelas keputusan cepat dan kepastian berbisnis tinggi. Saya yakin eksplorasi bisa lebih cepat diprediksi dan produksi ditingkatkan," tutur Amien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penunjukkan Wakil Kepala SKK Migas

Penunjukkan Wakil Kepala SKK Migas

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyerahkan penunjukan wakil  Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) ke kepada Amien Sunaryadi.

"Hari ini kita sudah punya pemimpin permanen," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM.

Oleh karena itu untuk penunjukkan Wakil Kepala SKK Migas, Sudirman menyerahkan ke Amien Sunaryadi untuk memutuskan. Selain menunjuk wakil kepala, Amin juga diberi wewenang untuk menyusun lembaga tersebut.

"Saya sebagai menteri menyerahkan ke pak Amein menyusn timnya, jadi terserah pak Amien, mau besok," tutur Sudirman.

Di kesempatan yang sama, Amien mengaku belum memiliki gambaran untuk memilih Wakilnya, karena ia baru saja menempati jabatan orang nomor satu di SKK Migas.

"Mengenai wakil saya belum punya gambaran kapan, belum punya gambaran, karena hari ini saya baru jadi kepala SKK Migas. Perlu waktu menunjuk siapa jadi wakil ketua," pungkas Amien. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini