Sukses

Infrastruktur PON 2016, Aher Siapkan Dana Rp 2,6 Triliun

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan anggaran untuk pembangunan venue membutuhkan Rp 1,3 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) tengah sibuk membangun arena pertandingan alias venue sampai infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Nilai keseluruhan untuk proyek itu mencapai Rp 2,6 triliun.

"Semua aman, venue-nya sudah disiapkan dan akan selesai pada 2015," ungkap Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan kepada wartawan di Jakarta, seperti ditulis Jumat (21/11/2014).

Saat ini, Aher begitu panggilan akrabnya mengaku sedang membangun akses atau infrastruktur dari tol keluar stadion. Semua ini dipersiapkan untuk penyelenggaran pesta olahraga terbesar di Tanah Air.

"Nanti venue pertandingan juga untuk menyambut Asian Games 2018 di Jawa Barat. Jadi tidak usah bangun venue lagi," ucapnya.

Dalam rangka mendukung kegiatan internasional tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tak tanggung-tanggung membangun arena pertandingan. Biayanya cukup besar senilai triliunan rupiah.

Aher merinci, pihaknya menggelontorkan anggaran untuk pembangunan venue membutuhkan Rp 1,3 triliun. Kemudian untuk menggarap jalan yang memudahkan masuk arena senilai Rp 1 triliun dan biaya pembebasan lahan untuk jalan menuju venue Rp 300 miliar.

"Jadi total Rp 2,6 triliun dan ini belanja terbesar yang pernah saya lakukan. Belum pernah ada belanja sebesar ini, tentu ini Jabar. Kalau DKI Jakarta kan punya uang lebih besar," cetus dia.  (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini