Sukses

Harga Emas Perkasa Usai China Umumkan Stimulus

Selama ini emas menjadi lindung nilai inflasi.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia merangkak naik ke level tertinggi dalam 3 pekan, di atas US$ 1.200 per ounce.

Harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi US$ 1.997,81 per ounce setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi dalam tiga minggu di US$ 1.207,70 per ounce.

Harga emas berjangka COMEX untuk pengiriman Desember ditutup naik US$ 6,80 per ounce menjadi US$ 1.197,7 per ounce, mengupas keuntungan setelah naik ke posisi tertinggi sejak 30 Oktober di US$ 1.207,60 per ounce.

Ini terjadi usai China memutuskan untuk memberikan suku bunga kejutan yang memicu harapan bahwa permintaan emas akan meningkat di negara konsumen terbesar dunia tersebut.

Selama ini emas menjadi lindung nilai inflasi. Kenaikan harga emas juga dipicu pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi yang membuka pintu untuk melakukan langkah-langkah lebih drastis guna mencegah deflasi.

Selain itu, ECB mengatakan telah mulai membeli efek beragun aset, dalam sebuah langkah untuk mendorong bank untuk meminjamkan dan menghidupkan kembali perekonomian.

"China menambahkan stimulus, komentar Draghi dan ECB membeli beberapa utang membuat pedagang terutama tertarik untuk menutupi jangka pendek sebelum akhir minggu dan menjelang pertemuan OPEC minggu depan," kata George Gero, Wakil Presiden RBC Capital Markets melansir laman Reuters.

Kebijakan ini diprediksi  akan mempercepat harga logam emas menerobos posisi US$ 1.200 per ounce.

China memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun untuk menurunkan biaya pinjaman dan mengangkat ekonomi pendinginan.

"Setiap tindakan yang mempercepat daya beli masyarakat Cina pasti akan positif untuk emas," kata analis Mitsubishi Jonathan Butler. (Nrm)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini