Sukses

Tips Bangun Bisnis Online, Buat Pelanggan Merasa Aman

Masih banyak yang takut berbelanja di situs jual beli online. Anda yang bergerak dibidang bisnis online harus mengubah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena jual beli online yang telah berjalan sekitar 20 tahun terakhir tentu saja memberikan banyak kemudahan, baik bagi pihak penjual maupun pembelinya.

Tetapi, meskipun telah berjalan sekitar 2 dekade, ketakutan masyarakat untuk berbelanja online masih tetap ada. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh mereka yang bergerak di bidang bisnis online: bagaimana cara membuat pembeli merasa aman berbelanja di toko online mereka.

Ketakutan untuk berbelanja online dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh NCC Grup. Seperti dilansir dari Enterpreneur pada Selasa (2/12/2014), 77 persen dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak lagi merasa aman ketika membeli barang di internet.

Beberapa hal perlu dilakukan oleh mereka yang bergerak di bidang bisnis online, yang pada dasarnya agar membuat pelanggan aman untuk berbelanja di toko online mereka.

Diantara cara yang bisa dilakukan adalah memprioritaskan sistem keamanan. Jika Anda tidak ahli untuk urusan tersebut, Anda bisa menyewa pihak ke-3 untuk melakukannya.

Hal ini sangat penting, terutama pada musim liburan seperti saat ini. Tentu Anda tidak ingin jika di musim liburan seperti saat ini bisnis online Anda justru sepi karena orang tidak percaya untuk berbelanja di tempat Anda.

Selain itu, menurut Satnam Narang, manajer respon keamanan senior di perusahaan perangkat lunak Symantec, mengatakan bahwa mereka yang berbisnis online juga harus memeriksa server secara berkala. 

Untuk lebih memastikan keamanan pelanggan, gunakan juga beberapa lapisan keamanan, seperti dua langkah otentifikasi saat melakukan transaksi.

Pada akhirnya, semua langkah keamanan yang dilakukan tersebut harus dipublikasikan kepada pelanggan melalui pengumuman pada website. Selain membuat pelanggan Anda tetap merasa Aman, publikasi ini juga dapat menarik orang lain yang berpotensi untuk menjadi pelanggan pada bisnis online Anda. (Rio Apinino/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini