Sukses

Menteri Susi Tiru Kegigihan Obama Perangi Pencurian Ikan

Menteri Susi mengaku akan terus memperjuangkan penerbitan Instruksi Presiden (Inpres) untuk menjaga kelautan Indonesia.

Liputan6.com,Jakarta - Setelah diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku tidak terlena dengan popularitasnya yang menanjak.

Mantan CEO Susi Air itu mengaku akan terus memperjuangkan penerbitan Instruksi Presiden (Inpres) untuk menjaga kelautan Indonesia terutama dalam memerangi aksi pencurian ikan.

"Saya akan fight dan terus berjuang hingga pemerintah membuat Inpres seperti yang dilakukan Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama, bahkan mereka sampai bikin Peraturan Presiden untuk memerangi illegal fishing dan unreported fishing karena banyak dampak negatifnya," kata dia.

Susi memaparkan sekelumit kisah saat dirinya mulai resmi berkantor di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia menegaskan akan bekerja keras dalam mengemban amanah rakyat.

"Saya mencanangkan satu pilar, starting poin dengan melakukan pembangunan kelautan yang berkelanjutan. Nggak mau lagi menata kelautan dengan sewenang-wenang. Supaya kita jadi bangsa yang dihormati, dihargai dunia dan bisa comply  dengan komitmen dunia untuk laut yang sustainability," ujar dia di Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Janji Susi pada nelayan ingin mengelola laut Indonesia seindah mungkin berdasarkan asas-asas kelautan. Menegakkan larangan pencurian ikan ilegal (illegal fishing) dan unreported fishing.

Lanjut dia, jika negara maju AS saja sangat memikirkan kelautannya, Indonesia pun harus melakukan hal yang sama. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia.

"Laut ini bukanlah milik kita, tapi milik generasi akan yang akan datang, anak cucu kita. Karena Presiden bilang kita telah lama memunggungi laut selama ini," ucap Susi. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.