Sukses

Jokowi Serius Perangi Penyelundup Minyak

Menko Perekonomian Sofyan Djalil menegaskan pelaku pencurian minyak harus hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil menegaskan pelaku pencurian minyak harus hukum. Karena, pemerintahan Presiden Joko Widodo serius menangani hal tersebut.

Sofyan mengatakan, untuk melacak pelaku penyelundupan minyak harus ada langkah investigasi pemilik kapal, pemesan dan asal minyak tersebut.

"Ditangkap harusnya diadilin, tapi saya tidak tahu,"  kata Sofyan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Menurut Sofyan, pemerintah Kabinet Kerja serius memerangi penyelundupan minyak. Sementara, selama ini belum ada keseriusan menindak aksi penyelundupan.

"Nah ini penegakkan hukum akan ditegakkan sekali oleh pemerintah pak Jokowi. Jadi kalau selama ini tidak ketahuan karena ketidakseriusan dalam hal itu," tuturnya.

Sofyan mengungkapkan, harus ada pengwasan ketat terhadap kapal pengangkut minyak, pasalnya aksi penyelundupan minyak dilakukan saat kapal mengantar minyak dari sumber  ke tempat pengelolaan.

"Ya itulah sistemnya, harusnya diantar ke kilang ke tempat pemerosesan, malah dijual ke luar negeri. Ini yang harus dibikin prefentifnya untuk yang akan datang. Sehingga minyak itu memang sampai ke tujuannya," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.