Sukses

Ini Jurus Pertamina Dongkrak Kapasitas Kilang Minyak

PT Pertamina akan meningkatkan kualitas dan kapasitas empat kilang minyak di Cilacap, Balikpapan, Balongan dan Dumai.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan meningkatkan kualitas dan kapasitas empat kilang minyak. Dengan begitu kapasitas kilang minyak Indonesia meningkat dua kali lipat.

Direktur PT Pertamina (Persero), Ahmad  Bambang mengatakan,  pihaknya menggandeng empat investor untuk melakukan perbaikan tersebut. Penandatanganan kerja sama dilakukan pada 10 Desember 2014.

"Kami mau tanda tangan MoU dengan empat upgrading pada 10 Desember 2014. Itu juga ulang tahun Pertamina. Empat upgrading itu antara lain Aramco, Cnooc, Jipex, dan Thailand," kata Ahmad, saat ditemui di acara Pertamina Energy Outlook, di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Ahmad menyebutkan, kilang yang akan diperbaiki tersebut yaitu, Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Dumai. Dengan begitu kapasitas kilang minyak Indonesia meningkat dua kali lipat dari 800 ribu barel menjadi 1,6 juta  barel. "Kalau sekarang totalnya 800 ribu barel, berarti menjadi 1,6 juta barel per hari," tutur Ahmad.

Ahmad mengungkapkan, perbaikan kilang ditargetkan selesai pada 2020. Untuk memperbaiki kilang tersebut membutuhkan investasi sekitar US$ 25 miliar.  Sumber pendanaan masih dibicarakan.

"Nggak (internal) namanya patner kan financing. Pertamina pakai kapasitas yang ada sekarang. Kami punya tanah punya kilang exsiting itu ditambahkan. Jadi seolah share pertamina," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini