Sukses

Cara Mendag Jaga Kestabilan Harga Cabai

Mendag Rachmat Gobel mendorong UKM membuat sambal nusantara sehingga dapat menjaga harga cabai dan menciptakan lapangan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel terus memutar otak demi menurunkan harga cabai, dan menjaganya tetap stabil. Cara baru yang dikemukakan Rachmat adalah membuat keseragaman jenis sambal yang dapat dinamai dengan Sambal Nusantara.
‎

"Saya mendorong Kementerian Koperasi dan UKM serta Perindustrian bagaimana mengelola cabai-cabai mentah, harus jadi bisa olahan cabai supaya bisa menekan dari suplai cabai itu sendiri. Jadi saya sudah katakan ke Menkop UKM, kita bikin sambal nusantara," kata Rachmat di Istana Kepresidenan, Rabu (3/12/2014).

Dengan kehadiran sambal nusantara diharapkan mengurangi persediaan cabai sehingga mempermudah pemerintah mengendalikan harga cabai setiap tahunnya. Untuk membuat sambal itu, Rachmat mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) untuk lebih diberdayakan.

Melalui pemberdayaan UKM dapat menciptakan lapangan kerja dan membantu meningkatkan daya saing nasional. Rachmat menambahkan sebenarnya saat ini sudah ada beberapa UKM yang mampu memproduksi sambal tersebut, hanya saja kali ini akan lebih digencarkan oleh Mendag.
‎

"Makanya kami giatkan lagi, dan kami akan melibatkan asosiasi dan kadin daerah, semuanya kami dorong, bagaimana sekarang, tahun depan, dan seterusnya kami sudah masuk ke dalam produk olahan‎," pungkasnya. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.