Sukses

Duo Djarum Masih Duduki Posisi Orang Terkaya Indonesia

Budi dan Michael memiliki kekayaan sebesar US$ 16,5 miliar atau senilai Rp 202,95 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Budi Hartono dan Michael Hartono kembali dinobatkan oleh Majalah Forbes menjadi orang terkaya di Indonesia. Di tahun kemarin, dua bersaudara pemilik Grup Djarum ini juga dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya di Indonesia.

Dikutip dari Forbes, Kamis (4/12/2014), Budi dan Michael memiliki kekayaan sebesar US$ 16,5 miliar atau senilai Rp 202,95 triliun (estimasi kurs: Rp 12.300 per dolar AS). Jumlah tersebut meningkat cukup tajam jika dibanding dengan delapan bulan lalu.

Pada Maret 2014, Forbes juga memasukkan dua bersaudara ini ke dalam daftar 40 orang terkaya di Asia. Saat itu, Budi dan Michael Hartono menempati posisi yang berurutan di jajaran tersebut yaitu ke-32 dan ke-33. Sang adik, Budi, memiliki total kekayaan sebesar US$ 300 juta lebih tinggi dibandingkan milik sang kakak, Michael.

Total kekayaan yang digenggam Budi berjumlah sebesar US$ 7,6 miliar. Sementara kakaknya mempunyai harta senilai US$ 7,3 miliar. Jika ditotal saat itu keduanya memiliki kekayaan US$ 14,9 miliar.

Melambungnya harta para pria yang tinggal di Kudus Jawa Tengah ini karena harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), bank yang mereka miliki, mengalami kenaikan yang cukup besar.

Di awal tahun, saham BBCA berada di level Rp 10.000, sedangkan di akhir November sudah berada di level RP 13.000.

Selain memiliki BCA, kakak beradik yang menjadi orang terkaya di Indonesia ini juga memiliki perusahaan rokok dengan merek Djarum yang mampu melakukan ekspor ke Amerika dan juga Eropa. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.