Sukses

Pengusaha Minta BI Tak Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Apindo, Haryadi Sukamdani mengharapkan, BI dapat mempertahankan suku bunga acuan/BI Rate di level 7,75 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha meminta Bank Indonesia (BI) tak lagi menaikkan suku bunga acuan atau BI rate pada tahun depan agar tidak memukul industri dalam negeri.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Haryadi Sukamdani mengatakan, sebenarnya BI tidak perlu menaikkan tingkat BI rate setelah pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi pada pertengahan November lalu.

"Sebenarnya yang kemarin, kalau tidak perlu dilakukan kenaikan (BI rate) pun tidak masalah," ujar Haryadi di Kantor APINDO, Graha Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/12/2014).

Menurut Haryadi, jika pada tahun depan BI kembali menaikan suku bunga acuannya, dikhawatirkan malah akan memukul industri di dalam negeri. "Kalau naik lagi, bisa jadi boomerang untuk usaha nasional," lanjut dia.

Untuk, itu Haryadi berharap BI bisa mempertahankan tingkat suku bunga acuannya/ BI Rate pada posisi saat ini yaitu 7,75 persen. Dengan menjaga level ini, diharapkan membuat sektor usaha di dalam negeri bisa tetap tumbuh pada tahun depan.

"Sebenarnya dipertahankan ditingkat yang sekarang saja sebenarnya sudah cukup baik," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini