Sukses

Kinerja 11 Pemerintahan Kota dan Kabupaten Ini Raih Nilai B

Pemerintah pusat mendorong kenaikan kinerja pemerintahan kabupaten dan kota untuk melayani masyarakat lebih baik lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggelar acara penyerahan laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota 2014.

Menteri PAN RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan, dengan penyerahan laporan ini maka kinerja pemerintah daerah Kabupaten/Kota lebih terarah sehingga pencapaian tujuan negara untuk peningkatan kesejahteraan tercapai.

"Aparatur negara harus mampu mengubah mental priayi menjadi pelayan. Dari sebelumnya biasa dilayani menjadi melayani masyarakat," kata dia di Jakarta, Senin (8/12/2014).

Yuddy mengatakan, kinerja pemerintah daerah mengalami peningkatan. Sebelumnya, penerima rapor dengan nilai B hanya dua wilayah, pada tahun ini meningkat menjadi 11 Kabupaten/Kota. Peningkatan kinerja pemerintahan akan terus ditingkatkan.

Yuddy menambahkan, setiap awal tahun juga akan menandatangani perjanjian kinerja antara atasan dan bawahan. Pihaknya telah menandatangani Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 53/2014 yang mewajibkan kepada seluruh instansi untuk menyusun perjanjian kinerja dan pelaporan kinerja.

"Kebijakan ini merupakan sandaran bagi semua instansi untuk menegakkan komitmen dalam memberikan pelayanan secara optimal serta melaporkan kinerja pelaksanaannya pada akhir tahun," tutur Yuddy Chrisnandi.

Berikut 11 Kabupaten dan Kota yang memperoleh rapor  B:

1. Kabupaten Bintan
2.  Kabupaten Karimun
3.  Kota Tanjung Pinang
4. Kabupaten Muara Enim
5. Kota Sukabumi
6.  Kabupaten Bantul
7.  Kabupaten Kulon Progo
8. Kota Yogyakarta
9. Kabupaten Sleman
10. Kota Manado
11. Kabupaten Bandung

 

(Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.