Sukses

Meskipun Mampu Menguat, Rupiah Masih di Bawah 12.300

Kurs JISDOR BI menunjukkan nilai tukar rupiah menguat sebesar 5 poin menjadi Rp 12.347 per dolar AS dari Rp 12.352 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Rupiah mampu menguat pada hari ini meskipun sangat terbatas. Penguatan tersebut terjadi karena Bank Indonesia terus melakukan intervensi agar volatilitas nilai tukar tidak terlalu besar.

Data valuta asing Bloomberg, Selasa (9/12/2014) mencatat rupiah mampu menguat namun masih berada di bawah level Rp 12.300 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pada pembukaan, nilai tukar rupiah tercatat menguat ke level Rp 12.358 per dolar AS dibanding dengan penutupan sehari sebelumnya yang ada di level Rp 12.389 per dolar AS.

Hingga siang, nilai tukar rupiah terus berkutat di level Rp 12.340 per dolar AS hingga Rp 12369 per dolar AS.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) menunjukkan nilai tukar rupiah menguat tipis sebesar 5 poin menjadi Rp 12.347 per dolar AS dari Rp 12.352 per dolar AS.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta menjelaskan, kemarin, nilai tukar rupiah terpuruk cukup dalam bersama dengan mata uang asia lainnya.

Pelemahan mata uang di Asia tersebut karena dolar Indeks mampu menguat karena data tenaga kerja di Amerika mengalami perbaikan jauh dari perkiraan para analis.

Sedangkan untuk hari ini, rupiah mampu menguat karena Bank Indonesia sepertinya tak ingin pelemahan rupiah terlalu jauh.

"Bank Indonesia menyatakan terus akan melakukan intervensi di pasar valuta asing dan terlihat intensitasnya semakin besar," tuturnya.

Pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi oleh Bank Dunia kemungkinan besar akan semakin memberikan tekanan kepada rupiah.

"Namun dengan dolar indeks yang turun pada hari ini kemungkinan besar pelemahan rupiah berpeluang tertahan," pungkasnya. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini