Sukses

Bank Mandiri Siap Biayai Proyek Jokowi

Bank Mandiir siap membiayai proyek Jokowi mulai dari pembangkit listrik, jalan tol hingga pelabuhan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menyatakan kesiapan untuk membiayai proyek Joko Widodo (Jokowi) mulai dari pembangkit listrik, jalan tol hingga pelabuhan. Ini merupakan arahan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya telah diminta langsung oleh Menteri BUMN untuk ikut berkontribusi dalam proyek pembangunan infrastruktur.

"Sudah diminta sama Ibu (Rini Soemarno) untuk mempersiapkan (pendanaan) bangun pembangkit listrik 35 ribu megawatt (Mw), 24 pelabuhan dalam rangka tol laut, membangun 500 kilometer jalan tol, transmision line untuk PLN di Sumatera," kata dia di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Dia menerangkan, perseroan tengah mengkaji rencana pembiayaan proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Sayangnya dia masih belum menghitung pembiayaan infrastruktur untuk tahun depan.

"Perbankan saat ini dari sisi capital dan likuiditas sekarang ketat. Jadi kami sedang menyiapkan ada ide nggak untuk adress isu permodalan dan likuditas. Tapi permodalan yang sudah dibantu Ibu soal dividen (pengurangan) itu," terang dia.

Terkait pendirian Bank Pembangunan Asia oleh sejumlah negara, Bank Mandiri mampu berperan serta dalam menyediakan pembiayaan lokal (local funding).

"Pasti kan butuh partner yang bisa memberikan local funding karena pada umumnya funding mereka (negara lain) non rupiah. Padahal untuk bangun infrastrktur di sini, biayanya perlu banyak rupiah. Nggak mungkin kan bayar kontraktor dalam remimbi," tukas Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini