Sukses

Menteri ESDM: Jangan Takut KPK Untuk Ambil Keputusan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupaka orang profesional, mengerti batasan baik dan buruk dan memiliki sikap.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berpesan kepada pegawainya untuk tidak takut dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) saat mengabil keputusan.

Sudirman mengungkapkan, KPK tidak akan melakukan tindakan, jika pegawai tidak mengambil atau menerima sesuatu yang bukan haknya.

"KPK itu sederhana kok, kalau tidak lihat anda ambil sesuatu, terima sesuatu, mereka tidak macam-macam," kata Sudirman, di Pusdiklat EBTKE, Ciracas Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Karena itu, Sudirman meyakinkan bawahannya untuk tidak ragu mengambil keputusan karena alasan KPK. Namun, sebelum mengambil keputusan, hal tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke atasannya.

"Jangan takut mengambil keputusan kalau dasarnya benar, jangan takut mengambil keputusan karena KPK, asal tidak mencuri jangan takut. Tapi kosultasikan pada atasan," tuturnya.

Sudirman menambahkan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupaka orang profesional, mengerti batasan baik dan buruk dan memiliki sikap.

"Kalau tidak benar katakan tidak benar, kalau adal intervesi dari luar, anda katakan saya punya aturan begini," ungkapnya.

Sudirman Said melanjutkan, dalam Rapat Kabinet bersama Presiden dan Wakil Presiden menekankan untuk tidak membuka pintu intervensi. Uang pribadi dan publik harus dibedakan, karena uang bisa membuat seorang pegawai terjerumus. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo
    Sudirman Said kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di era pemerintahan Presiden Joko Widodo

    Sudirman Said

Video Terkini