Sukses

Turunkan Harga Daging Sapi, Rachmat Gobel Bakal Rombak Aturan

Ada oknum-oknum yang pedagang yang memainkan pasokan sehingga harga daging sapi tak kunjung turun.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel masih mengkaji kebijakan terkait impor daging sapi. Dia mengatakan, langkah pemerintah  melakukan impor daging sapi untuk menekan harga ternyata belum berhasil sampai saat ini. Di pasaran, harga daging sapi masih terbilang mahal.

"Saya sudah pelajari. Kenapa harga daging sapi belum turun meskipun sudah impor," kata dia dalam kunjungannya di Gudang Perum Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Senin (15/12/2014).

Menurut Rachmat, dalam kajian sementara yang telah dia lakukan, ada oknum-oknum yang pedagang yang memainkan pasokan sehingga harga daging sapi tak kunjung turun. "Namun saya akan dalami dengan lebih detil, apakah memang pedagang menahan harganya," lanjut dia.

Pengkajian terhadap kebijakan impor dinilai penting. Menurut dia, hal tersebut harus dilakukan guna mewujudkan cita-cita meraih kedaulatan pangan.

"Karena semua berbicara dengan visi sama, kedaulatan pangan. Semua saya kaji, berapa demand berapa supply," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, harga daging sapi sirloin mencapai Rp 100 ribu per kg, tenderloin Rp 120 ribu per kg, dan hati Rp 60 per kg. Harga tersebut tak kunjung turun selama ini padahal pemerintah telah melakukan berbagai cara. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini