Sukses

Besok, Jonan Resmikan 20 Pelabuhan Baru

Selain itu, Jonan juga akan meresmikan 7 banda udara baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pemenuhan pelabuhan sangat penting untuk mewujudkan visi poros maritim dunia. Oleh karena itu, tak heran jika Kementerian Perhubungan terus mengejar pembangunan pelabuhan baru.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjelaskan, terdapat 20 pelabuhan baru yang akan diresmikan pada Rabu (17/12/2014). "Besok ada peresmian pengoperasian pelabuhan laut baru. Lokasinya kebanyakan di Indonesia Timur," jelas Jonan usai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional TNI AL di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (16/14/2014). Selain itu, Jonan juga akan meresmikan 7 banda udara baru.

Selama ini, pembangunan pelabuhan komersial dengan skala internasional dibangun oleh Pelindo I sampai Pelindo IV. Posisi Kementerian Perhubungan memberi dukungan terkait perizinan sesuai dengan Tugas, Pokok dan Fungsi Kementerian Perhubungan.

"Kalau pelabuhan yang non komersial atau secara komersial tidak dikelola oleh Pelindo pasti akan ditambah terus tiap tahunnya dan diperbaiki. Ada puluhan pelabuhannya. Kami perbaiki tiap tahun dan kami tambah," lanjut Jonan.

Mantan Dirut PT KAI itu menyampaikan Presiden Joko Widodo tidak hanya ingin pelabuhan baru segera dioperasikan. Beberapa bandara di daerah harus juga diperpanjang landasan pacunya.

"Pak Presiden kemarin juga minta perpanjangan runaway lalu juga menambah pembangunan bandar-bandar udara baru dan pelabuhan-pelabuhan baru lagi ini lagi kami susun," tandas Jonan. (Ahmad Romadoni/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.