Sukses

The Fed Tunda Kenaikan Suku Bunga, Rupiah Menguat

Keputusan The Fed untuk menahan kenaikkan suku bunga AS berhasil meredakan tekanan terhadap rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) menunjukkan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) tidak akan segera menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat. Keputusan tersebut berhasil meredakan tekanan terhadap rupiah.

Data valuta asing Bloomberg, Kamis (18/12/2014) menunjukkan nilai tukar rupiah menguat 0,68 persen ke level 12.581 per dolar AS pada perdagangan pukul 10:16 waktu Jakarta. Rupiah memang dibuka menguat sebanyak 40 poin di level 12.627 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya.

Hingga menjelang siang, nilai tukar rupiah masih berfluktuasi dan berkutat di kisaran 12.539-12.680 per dolar AS.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah menguat ke level 12.565 per dolar AS. Angka tersebut melanjutkan penguatan dari level 12.720 pada perdagangan sebelumnya.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan, tekanan rupiah yang sempat memuncak pada perdagangan Selasa akhirnya mereda setelah BI tampak secara intensif melakukan intervensi. Keputusan The Fed untuk menunda menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat.

"Dolar AS juga tampak tertekan saat menghadapi hasil pertemuan FOMC," ungkap Rangga.

Pernyataan Gubernur The Fed Janet Yellen yang tampak pesimistis penguatan ekonomi AS akan bertahan lama juga telah membuat rupiah menguat lebih baik.

Sementara itu, hingga akhir tahun Ekonom Standard Chartered Eric Alexander Sugandi awalnya memprediksi rupiah dapat bergerak di kisaran 12.200 per dolar AS. Namun dengan kondisi perekonomian saat ini, target tersebut rasanya tidak mungkin tercapai.

Eric menilai, rupiah masih berpotensi melanjutkan pelemahannya pekan ini. "Pekan ini rupiah sepertinya masih akan berada di kisaran 12.500-12.2700 per dolar AS," tandasnya. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • Rupiah Indonesia adalah mata uang resmi yang berlaku di Indonesia.

    rupiah

Video Terkini