Sukses

Menkoperekonomian: Sudirman-Thamrin Lokasi Parkir Terpanjang

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan menggeber pembangunan jalan tol dan jalan nasional cukup banyak guna mengurai kemacetan.

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan merupakan masalah tak berujung yang belum sanggup diselesaikan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta.

Tak heran bila kita kerap disuguhi pemandangan jejeran mobil dan motor bergerak padat merayap, bahkan tak bergerak sama sekali hingga jarak kiloan meter.

"Jalan Jenderal Sudirman sampai Thamrin seperti tempat parkir terpanjang di dunia," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil dalam acara Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Menurutnya, ke depan, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan menggeber pembangunan jalan tol dan jalan nasional cukup banyak guna mengurai kemacetan di kota-kota metropolitan. Termasuk penambahan armada angkutan umum.

Guna merealisasikannya, pemerintah membutuhkan anggaran besar bersumber dari penghematan belanja negara, salah satunya belanja subsidi yang menembus Rp 700 triliun lebih dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Selain itu, penerimaan negara dilakukan lewat ekstensifikasi pajak. "Jika sistem pajak kita diperbaiki dan menambah wajib pajak, maka kita akan punya uang banyak untuk membangun infrastruktur," terang Sofyan. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.