Sukses

Dapat Pasokan Gas, PLTMG Purwodadi Mulai Beroperasi

Pasokan gas yang menghasilkan sumber energi 8 megawatt ini akan memasok listrik ke beberapa daerah di Tanjung Jabung Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan mulai mengalirkan gas sebesar 0,01 juta kaki kubik per hari guna memasok kebutuhan energi Pembangkit listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) di Desa Purwodadi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudianto Rimbono mengatakan, pasokan gas yang menghasilkan sumber energi 8 megawatt ini akan memasok listrik ke beberapa daerah di Tanjung Jabung Barat.

"Secara bertahap pasokan gas tersebut akan meningkat hingga maksimal 5 juta kaki kubik per hari," kata Rudi, Jumat (19/12/2014).

Menurutnya, pasokan gas tersebut sebagai tindaklanjut revisi surat penunjukan penjual gas bumi (seller appointment letter/SAL) untuk JOB Pertamina Talisman Jambi Merang yang ditandatangani Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi pada Kamis, 27 November 2014.

"Berdasarkan revisi surat tersebut. JOB Jambi Merang menandatangani perjanjian jual beli gas bumi dnegan PDPDE Sumatera Selatan," ungkapnya.

Revisi SAL dipilih karena pilihan tercepat untuk mengalirkan gas ke PLTG Purwodadi mengingat kondisi kritis kelistrikan di daerah tersebut.

Langkah ini sesuai berkomitmen pemerintah untuk memprioritaskan pasokan gas untuk domestik, khususnya untuk kelistrikan.

Berdasarkan informasi Pemerintah Kebupaten Tanjung Jabung Barat, hingga saat ini, sebagian besar wilayahnya belum mendapat listrik. Elektrifikasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat hanya 42 persen. Empat kecamatan belum teraliri listrik sama sekali. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.