Sukses

Pertamina Diberi Waktu 2 Tahun untuk Hapus Premium

Dalam waktu maksimal dua tahun Pertamina akan menyiapkan diri untuk menghapus premium untuk digantikan BBM Ron 92.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberi waktu PT Pertamina (Persero) selama 2 tahun untuk menerapkan rekomendasi Tim Reformasi Tatakelola Minyak dan Gas Bumi penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Ron 88 atau yang biasa dikenal premium.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan, dalam waktu maksimal dua tahun Pertamina akan menyiapkan diri untuk menghapus premium untuk digantikan oleh BBM Ron 92 atau setara dengan Pertamax.

"Pertamina diberikan waktu selamanya 2 tahun menyiapkan diri, ron 88 ditinggalkan beralih ke 92," kata Sudirman, di Kantor Kordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Menurut Sudirman, tidak ada yang perlu dikhawatirkan atas penghapusan premium tersebut, hanya Pertamina harus melakukan persiapan yang matang untuk menerapkannya.

"Kesiapan dilihat kesanggupan pelaksanaan mudah-mudahan dalam dua tahun Pertamina dapat melakukan adjustment," tutur dia.

Sudirman mengungkapkan, penghapusan premium memberikan manfaat pada kualitas BBM yang lebih baik, sehingga baik untuk kendaraan dan lingkungan.

"Beralih ke ron 88 membuat mutu BBM lebih baik, mendorong persaingan sehat, kita sudah sepakat," pungkasnya. (Pew/Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.