Sukses

Ketua OJK: Ini Kehormatan Jokowi Buka Pembukaan Perdagangan Saham

Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad mengapresiasi kehadiran Presiden Joko Widodo untuk membuka perdagangan saham di 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Presiden ke-7 ini pun didampingi sejumlah pejabat negara untuk membuka perdagangan saham termasuk pejabat OJK.

"Ini kehormatan pelaku pasar modal karena Presiden bisa hadir untuk pembukaan perdagangan saham," ujar Ketua OJK Muliaman Hadad, Senin (2/1/2014).

Muliaman juga menyampaikan sejumlah prestasi industri keuangan Indonesia sepanjang 2014. Industri perbankan relatif baik pada 2014 dengan likuiditas cukup baik, sehingga ini bisa jadi bekal industri perbankan di tahun 2015.

Ia menambahkan, di pasar modal juga mencatatkan prestasi gemilang. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan kinerja pertumbuhan tertinggi di bursa saham Asia dan ASEAN.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja gemilang sepanjang 2014. IHSG tumbuh 22,29 persen ke level 5.226,95 pada penutupan perdagangan saham 30 Desember 2014 dari periode penutupan perdagangan saham 2013 di level 4.274.

Pertumbuhan kinerja IHSG berada di posisi keempat di bursa saham Asia. IHSG berada di bawah bursa saham Filipina yang naik 22,76 persen pada 2014.

"Ini berkembang pesat terutama berkat dukungan semua pihak sehingga mendukung kepercayaan diri investor," kata Muliaman.

Sebelum Jokowi membuka perdagangan saham, Muliaman D Hadad  yang mengenakan batik putih bercorak hitam salah menyebut jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kepada yang terhormat Wakil Presiden," ucap dia sambil terdiam saat memegang kertas pidato.

Setelah terdiam beberapa saat, Muliaman langsung melanjutkan, dan mengoreksi sambutannya dengan sebutan Presiden. "Kepada yang terhormat Presiden Joko Widodo," kata dia mengulangi sambutan pertamanya.

Pembukaan perdagangan saham pada 2015 ini memang dibuka oleh Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Dengan mengenakan baju batik berwarna hijau, ia pun resmi membuka perdagangan saham hari ini.

"Dengan mengucap Bismillah perdagangan efek di BEI 2015 saya nyatakan resmi dibuka," kata Jokowi.

Ketika resmi dibuka Jokowi disambut tepuk tangan para undangan di gedung BEI. Kedatangan Jokowi di gedung BEI didampingi oleh sejumlah pejabat negara.

Adapun pejabat negara yang hadir antara lain Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo.

Selain itu juga dihadiri Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan jajaran direksi BEI. Para undangan pun memakai dress code batik pada pembukaan perdagangan saham di 2015.

Sebagai informasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau. Penguatan IHSG didukung aksi beli investor asing sekitar Rp 7 miliar di awal perdagangan saham.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Jumat (2/1/2015), IHSG naik tipis 6,8 poin (0,13 persen) ke level 5.233,79. Indeks saham LQ45 menguat 0,19 persen ke level 900,31. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau kecuali indeks saham DBX turun 0,10 persen ke level 720.

Berikut video pembukaan perdagangan saham oleh Presiden Joko Widodo:

 

(Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi