Sukses

5 Tips Sukses Berkarir dari Mantan Agen CIA

Seorang mantan agen CIA menulis buku tentang tips sukses dalam karir dengan cara mengikuti cara kerja intelijen. Apa saja tipsnya?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mantan intelijen CIA membuat buku berjudul Work Like a Spy: Business Tips from a Former CIA Officer. Sebagaimana judulnya, buku tersebut berisi tips sukses dalam karir dengan mengikuti cara-cara intelijen bekerja dalam sebuah operasi.

Buku ini ditulis oleh J.C. Carleson. Dikutip dari Business Insider pada Sabtu (3/1/2014), apa yang ditulis Carleson dalam buku tersubut tidak lain merupakan pengalaman pribadinya selama 8 tahun menjadi intelijen.

Dalam buku tersebut, dijelaskan mereka yang bekerja seperti intelijen akan memiliki peluang karir yang lebih cemerlang. Lantaran, mereka terbiasa mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan dapat menanggapi krisis dengan cepat.

Berikut beberapa tips sukses Carleson tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelajari Industri

1. Analisa kelemahan sendiri

Menganalisa kelemahan sendiri membuat seseorang mengetahui batasan yang dimilikinya. Dalam dunia kerja, misalnya seseorang harus tahu apakah dirinya lebih cocok untuk kerja tim atau kerja individu.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui kelemahan orang lain jika Anda memiliki relasi bisnis dengannya. Hal ini penting untuk mengetahui apa latar belakang rekan kerja Anda, bahkan apa latar belakang pesaing Anda.

2. Temukan alasan saat membangun koneksi

Selama 8 tahun menjadi intelijen, salah satu pekerjaan tersulit adalah menemukan alasan untuk membangun koneksi dengan orang lain. Maksudnya, seseorang harus temukan alasan untuk bertemu, untuk mengobrol dan untuk tetap berkomunikasi dengan orang lain.

Hal ini penting, terutama untuk membangun koneksi secara cepat sehingga Anda pun lebih cepat dikenal.

3. Mengetahui bahwa prestasi tinggi justru sulit bagi Anda

Mereka yang berprestasi tinggi haruslah cukup baik dalam banyak hal, misalnya kemampuan berdebat dengan rekan kerja yang berbeda pendapat. Hal ini mungkin baik bagi mereka yang dapat mengatasinya, tetapi jika tidak, maka prestasi hanya akan menjadi bumerang bagi karir Anda.

3 dari 3 halaman

Tetap Mawas Diri

4. Tetap mawas diri saat ada orang lain yang baik kepada Anda

Suatu saat, mungkin tiba-tiba seseorang yang tidak terlalu dekat menjadi sangat baik pada Anda. Pada saat itu, usahakan tetap mawas diri dan ketahui mengapa orang tersebut tiba-tiba baik pada Anda.

Mungkin hal ini terlihat tidak bagus, tapi menurut Carleson, justru cara ini yang dapat menghindari seseorang untuk selalu dibandingkan dengan rekan kerja yang lain oleh atasan. Sebab, dibanding-bandingkan dengan yang lain sangat tidak baik untuk karir seseorang.

5. Pelajari industri tempatmu bekerja, tren yang ada, dan buat koneksi sebanyak mungkin

Pada dasarnya, Anda perlu memiliki pengetahuan sebanyak mungkin dalam industri dimana Anda bekerja. Caranya tentu bermacam-macam, dari mulai membaca jurnal atau dengan cara mengobrol dengan rekan kerja.

Hal ini selain betujuan untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang industri, juga untuk mendapatkan koneksi sebanyak mungkin.

Selain itu, pelajari  tren dan coba prediksi apa yang akan terjadi dengan industri Anda di masa depan. Dengan tips sukses tersebut, seseorang akan menjadi ahli dalam bidang pekerjaan yang digelutinya. (Rio/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini