Sukses

Salah Sasaran, Agen Minta Elpiji Subsidi 3 Kg Dihapus

Kenaikan harga elpiji 12 Kilo gram (Kg) dikhawatirkan dapat mendorong pengoplososan dan membuat pasokan elpiji 3 kg menyusut.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti bahan bakar minyak (BBM) subsidi, penyaluran elpiji ukuran 3 Kilogram (Kg) juga salah sasaran. Penikmatnya justru masyarakat menengah ke atas. Atas dasar ini, agen elpiji mendesak pemerintah untuk menghapus tabung melon bersubsidi.    

Pemilik Pangkalan Elpiji di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Merni Waty Sipayung (42), menyatakan, sejak harga elpiji 12 Kg naik setiap tahun, pelanggan menengah ke atas hingga kalangan industri beralih menggunakan tabung subsidi 3 Kg.

"Elpiji 3 Kg barang subsidi, nah selama ini salah sasaran. Orang yang mampu malah gunakan yang 3 Kg, karena tabung 12 Kg mahalnya bukan main. Jadi dihapuskan saja," tegas dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (3/1/2014).

Jika pemerintah dan Pertamina enggan menghapus elpiji 3 Kg, maka Merni mengusulkan agar harga jual tabung melon yang mengalami kenaikan. Bukan melulu elpiji 12 Kg sehingga mencekik konsumen maupun agen.

"Naikkan harga elpiji 3 Kg, jangan kejauhan harganya dengan yang non subsidi. Karena justru yang terjadi pengoplosan," keluh Wanita asal Medan, Sumatera Utara itu.

Menurut Merni, ketersediaan tabung ukuran 3 Kg semakin lama semakin menyusut. Kondisi ini membuat agen kebingungan, sementara permintaan tetap meningkat. Walhasil terjadi kelangkaan.

"Tabung 3 Kg sudah lama dijatah ke agen, bikin pusing. Biasanya dapat sampai 560 tabung yang diangkut satu truk, sekarang cuma bisa dapat 360 tabung. Kadang satu minggu barang kosong, gimana kami mau jualan," tegas dia.

Merni berharap, penjualan elpiji 12 Kg dapat kembali bergairah sebelum tabung melon hadir di pasaran. Harga jual elpiji non subsidi juga diimbau tidak terus melambung setiap tahun.

"Jangan seperti ini terus, karena masyarakat kasihan sebentar-sebentar harga naik. Untung di agen dan pangkalan juga makin tipis, sebab pembelinya sekarang sedikit lantaran beralih ke elpiji 3 Kg," pungkas dia. (Fik/Ahm)
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini