Sukses

Di Morotai, Nelayan RI Justru Diusir Kapal Asing

"Selama saya menjabat, mudah mudahan sampai selesai, tidak ada lagi kapal asing berani melawan," kata Susi Pudjiastuti.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam memerangi pencurian ikan dan beredaran kapal asing rupanya tidak main-main.

Dia bahkan berkelakar, selama dirinya masih menjabat sebagai menteri, jangan harap ada kapal asing yang berani masuk dan mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia.

"Selama saya menjabat, mudah mudahan sampai selesai, tidak ada lagi kapal asing berani melawan, tidak ada cerita dan saya tidak mau mendengar kapal asing di Indonesia," ujarnya di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Senin (5/1/2015).

Keseriusan Susi ini lantaran dirinya sedih melihat para nelayan lokal yang justru diinjak-injak dan tidak berdaya di perairan milik bangsanya sendiri.

"Cerita di Morotai masa nelayan kita diusiri kapal asing, sedih saya. Saya ingin nelayan Indonesia jadi tuan rumah di negeri sendiri," lanjut dia.

Namun, Susi juga mengingatkan agar para nelayan ini tidak membalas dendam dengan main hakim sendiri ketika berhasil menangkap kapal asing yang melakukan pencurian ikan. Menurutnya, para nelayan cukup menyerahkan kapal-kapal asing ini kepada pihak berwajib untuk diproses lebih lanjut.

"Nguber-nguber silakan. Saya jelaskan ke nelayan tidak melakukan pemukulan. ABK (anak buah kapal) itu banyak bekerja atas tidak keinginan mereka sendiri. Banyak anak-anak yang asal saja dinaikkan ke kapal untuk dijadikan ABK," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini