Sukses

Juragan Sushi Ini Beli Seekor Tuna Seharga Rp 472 Juta

Menurut kepercayaan orang Jepang, memenanglan lelang minggu pertama di tahun baru memang bisa memberikan keberuntungan.

Liputan6.com, New York - Sebuah ikan tuna sirip biru atau bluefin telah terjual seharga US$ 37.500 atau senilai Rp Rp 472 Juta (estimasi kurs: Rp 12.589 per dolar AS) pada pelelangan ikan minggu pertama di tahun 2015 di Tokyo, Jepang.

Dikutip dari CNBC, Selasa (6/1/2015), ikan dengan berat sekitar 180 kilogram tersebut dibeli oleh Kiyoshi Kimura, seorang pemilik bisnis restoran Sushi Jepang. Ini adalah tahun keempat ia memenangkan lelang di hari pertama tahun baru.

Di 2013 lalu, Kimura juga telah memenangkan lelang pada minggu pertama. Ia mencetak rekor karena telah membeli seekor tuna dengan nilai cukup fantastis. Untuk tuna seberat 222 kiligram, ia harus merogoh kocek kurang lebih US$ 1,76 juta atau kurang lebih Rp 21 miliar.

Menurut kepercayaan orang Jepang, memenanglan lelang minggu pertama di tahun baru memang bisa memberikan keberuntungan dalam hidup dan juga bisnis.

Popuralitas tuna memang selama ini cukup mentereng. Ikan tersebut menjadi bahan utama untuk membuat Sushi atau Sashimi. Akibatnya persediaan tuna di dunia mengalami penurunan sehingga melambungkan harga.

Pada November 2014 kemarin,  International Union for Conservation of Nature khawatir dengan menipisnya pasokan tuna sehingga meminta perburuan tuna dikurangi. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini