Sukses

6 Fakta Unik di Balik Kekayaan Miliarder Warren Buffett

Berikut adalah fakta-fakta unik tentang kekayaan Warren Buffet, orang ke-3 terkaya di dunia.

Liputan6.com, Nebraska - Warren Buffett adalah sosok miliarder yang sukses dan luar biasa kaya. Forbes dalam daftar orang terkaya terbarunya mengeluarkan data bahwa kekayaan miliarder berusia 84 tahun ini sebanyak US$ 73,3 miliar atau sekitar Rp 932 triliun (kurs: Rp 12.724/US$).

Total kekayaan tersebut menempatkan Buffet sebagai orang ke-3 paling kaya di dunia. Kekayaannya hanya kalah dari Bill Gates yang menduduki posisi ke-1 dan Carlos Slim Helu di posisi ke-2 yang memiliki kekayaan masing-masing US$ 81,9 miliar dan US$ 75,3 miliar.

Bisakah Anda bayangkan seberapa banyak US$ 73,3 miliar itu? Dapat dibandingkan dengan apa saja kekayaan tersebut? Atau, berapa perbandingan pendapatan Buffet dalam sehari dengan orang lain?

Dilansir dari Business Insider pada Jumat (9/1/2014), berikut 6 fakta unik mengenai kekayaan Warren Buffett tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekayaan Diperoleh Setelah Berusia 50 Tahun Lebih

1. 99% kekayaan Buffett diperoleh setelah dirinya mencapai usia 50 tahun

Buffett menghasilkan kekayaan sebesar US$ 62,7 miliar setelah ulang tahunnya yang ke-50. Selama 34 tahun Bufffet membangun bisnisnya dan melejit menjadi salah satu orang terkaya di dunia. 

2. Kekayaan Buffett lebih besar dari PDB Ghana dan Kamboja pada 2013

Menurut data dari World Bank, pada tahun 2014, Produk Domestik Bruto (PDB) Ghana diperkirakan mencapai US$ 48,1 miliar. Sementara itu, pada tahun yang sama, PDB Kamboja diperkirakan mencapai US$ 15,2 miliar. Total PDB kedua negara tersebut bahkan masih tertinggal US$ 10 miliar dari kekayaan Buffet.

3. Penghasilan Buffet dalam sehari lebih banyak dari penghasilan artis dalam 1 tahun

Menurut majalah Forbes, Jennifer Lawrence adalah artis yang mendapat bayaran tertinggi kedua pada tahun 2013. Penghasilan Lawrence diperkirakan sekitar US$ 34 juta pada tahun itu. Sementara itu, Warren Buffett di tahun yang sama menghasilkan US$ 37 juta per hari.

3 dari 3 halaman

Penghasilan 1 Jam dapat Biayai 4 Mahasiswa Kuliah Sampai Selesai

4. Penghasilan Buffet dalam 1 jam dapat membayar uang kuliah 6 mahasiswa

New York University (NYU) merupakan kampus termahal di AS. Biaya kuliah untuk 4 tahun di kampus tersebut mencapai US$ 247.908. Sementara itu, Buffett menghasilkan US$ 1,5 juta per jam di tahun 2013. Itu artinya, penghasilan Buffet dalam 1 jam dapat membayar uang kuliah 6 mahasiswa NYU sampai tuntas.

5. Buffet mendonasikan banyak uang selama hidupnya untuk membangun 4 Kampus

Buffett telah mendonasikan uangnya sebesar US$ 20 miliar. Sumbangan ini adalah sumbangan terbesar ke-2 di dunia setelah Bill Gates. Uang sumbangan ini digunakan Buffet untuk membangun 4 kampus 'Apple' yang masing-masing menghabiskan uang US$ 5 miliar.

6. Uang makan siang Buffet setara dengan harga hampir 10 ribu buku kalkulus

Di tahun 2014, seorang warga Singapura membayar US$ 2,2 juta untuk makan siang dengan Warren Buffett. Jumlah ini setara dengan harga buku teks kalkulus bagi 9.746 mahasiswa. Harga buku kalkulus yang tebal itu terhitung mahal dan mencapai US$ 225,72 per bukunya. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.