Sukses

Terimbas Regional, Bursa Asia Menguat

Departemen energi Amerika Serikat mengeluarkan data bahwa permintaan akan kilang di AS mencapai 90 persen.

Liputan6.com, Wellington - Saham-saham di kawasan Asia menguat mengikuti penguatan yang terjadi di bursa regional. Saham Samsung mencatatkan kenaikan yang cukup besar karena membukukan laba yang lebih baik dari perkiraan.

Mengutip Bloomberg, Kamis (8/1/2015), Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,8 persen pada pukul 09.33 waktu Tokyo, Jepang. Kenaikan ini merupakan kenaikan pertama dalam empat hari ini. Indeks Topix Jepang melonjak 1,1 persen.

Tanda-tanda bahwa terdapat pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di bursa Amerika membuat saham-saham di negara tersebut melonjak. Hal tersebut berimbas kepada indeks di bursa lainnya termasuk Asia.

Departemen energi Amerika Serikat mengeluarkan data bahwa permintaan akan kilang di AS mencapai 90 persen. Hal tersebut menandakan bahwa industri mengalami pertumbuhan.

"Ada penghentian sementara penurunan harga minyak dunia, selain itu akan ada tanda-tanda peningkatan ekonomi di Eropa" jelas Pejabat Eksekutif  Ichiyoshi Asset Management Co, Tokyo, Jepang, Mitsushige Akino.

Namun ia memperkirakan, kenaikan indeks tersebut kemungkinan hanya akan berlangsung sementara karena merupakan siklus alami. (Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini