Sukses

Naik 40%, Tarif Pesawat Indonesia Masih Paling Murah

Kenaikan tarif batas bawah bertujuan menyesuaikan biaya operasional maskapai penerbangan yang berpangaruh pada peningkatan aspek keselamatan

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Muhammad Alwi menyatakan meski tarif batas bawah naik 40 persen, harga tiket pesawat Indonesia masih paling murah.

Alwi mengungkapkan, kenaikan tarif batas bawah bertujuan menyesuaikan biaya operasional maskapai penerbangan yang berpangaruh pada peningkatan aspek keselamatan.

"Tujuannya untuk itu, fuel consumption  32 persen, untuk konten maintenance, termasuk penyusutan pesawat, gaji pegawai dan sebagainya," kata Alwi di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Menurut Alwi, meski tarif batas bawah naik 40 persen tetapi tarif pesawat di Indonesia masih terbilang paling murah di antara negara lain. "Di transportasi udara negara tercinta ini jauh lebih murah," tuturnya.

Alwi mencontohkan, penerbangan dari Los Angeles ke Arizona yang tarifnya disebut paling murah di kawasan tersebut masih sekitar Rp 4 juta.

"Saya sering ke Amerika dari LA ke Arizona paling murah US$ 250 kalau dikalikan kurs Rp 12.500, hampir Rp 4 jutaan," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini