Sukses

Harga Minyak Jatuh Tak Untungkan PLN

Anggota DEN, Rinaldi Dalimi mengatakan, meski harga minyak dunia merosot tetapi tidak membantu kinerja keuangan PLN.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan harga minyak dunia merosot tidak berpengaruh pada kinerja keuangan PT PLN (Persero). Hal itu karena pemerintah mematok keuntungan PLN.

Anggota DEN, Rinaldi Dalimi mengatakan, harga minyak dunia akan diikuti oleh harga sumber energi pembangkit listrik lain seperti minyak dan gas.

"Konteks dengan PLN penurunan harga minyak mengakibatkan penurunan batu bara dan gas," kata Rinaldi, di Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Rinaldi melanjutkan, penurunan tersebut akan berpengaruh pada Biaya Pokok Produksi listrik, namun hal tersebut tidak berpengaruh pada keuntungan PLN.

Lantaran keuntungan PLN sudah dipatok oleh pemerintah sebesar 7 persen, sedangkan pembayaran subsidi diatur oleh pemerintah. "Penurunan ini berakibat pada biaya produksi penyediaan PLN. Tadak ada pengaruh ke finansial PLN. PLN dijatahkan pemerintah keuntungan 7persen," ungkapnya.

Dengan begitu, menurut Rinaldi masyarakat yang ingin harga listrik turun bukan meminta ke PLN tetapi ke Pemerintah. "Sudah banyak tuntutan masyarakat untuk listrik diturunkan," kata Rinaldi. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini