Sukses

Percepat Pembangunan Infrastruktur Gas, Pemda Diminta Aktif

Peranan pemerintah daerah (Pemda) dalam proses pembangunan infrastruktur gas bumi menjadi sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta - Peranan pemerintah daerah (Pemda) dalam proses pembangunan infrastruktur gas bumi menjadi sangat penting. Sebab kebutuhan akan lahan untuk pembangunan infrastruktur ini berada ditangan Pemda.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pertanahan dan Konstruksi, Bambang Sujagad mengatakan, perusahaan distributor gas bumi, seperti PT Perusahaan Gas Negara (PGN), biasanya telah siap melakukan pemasangan pipa gas, tetapi ketersediaan lahan kerap kali tertahan di Pemda.

"Pemerintah daerah itu cukup hanya memikirkan pembebasan lahannya saja. Jadi pembangunan nanti bisa lebih cepat. PGN sediakan pipanya, jadi distribusi lebih cepat," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (19/1/2015).

Menurut dia, selain lahan, pembangunan infrastruktur gas bumi juga harus diikuti oleh pembangunan jalan oleh pemerintah. Hal ini untuk mempermudah penyaluran gas ke daerah lain.

"Ya bisa berbarengan. Pemasangan pipa di bawah proyek jalannya juga bisa," lanjut dia.

Sementara itu, agar tidak menganggu kegiatan masyarakat sehari-hari terutama di daerah perkotaan, Bambang juga menyarankan agar pembangunan infrastruktur gas ini dilakukan pada malam hari.

"Kalau pembangunannya bisa di atas jam 10 malam sampai 6 pagi. Dibangunnya tiap malam saja. Yang penting bagus manajemennya, logistiknya juga bagus, itu bergantung juga bagaimana kemampuan kontraktornya," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.