Sukses

Pemerintah Tak Khawatir The Fed Naikan Suku Bunga

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah supaya investor yang telah menanamkan modalnya tak lari keluar.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) menaikan suku bunga acuan menjadi ancaman bagi perkembangan ekonomi khususnya negara berkembang.

Khusus Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah supaya investor yang telah menanamkan modalnya tak lari keluar.

"Mengurangi subsidi, melepaskan harga BBM ke harga keekonomiannya. Kemudian memperbaiki infrastruktur, melakukan reformasi birokrasi, mengurangi sistem perizinan, memperkenalkan one stop service semua itu dan berbagai effort yang lain dilakukan pemerintah sebenarnya secara domestik tidak ada masalah," ujar dia, Selasa (20/1/2015).

Dia menambahkan, pihaknya tak merasa khawatir asalkan pemerintah mengeluarkan kontrol kebijakan yang baik. "Tentu kita harus bersiap diri dengan berbagai kebijakan dengan melihat kontrol kita," ujar dia.

Selain itu mengaku pihaknya mengaku koordinasi rutin dengan pihak Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kita akan melakukan perundingan BI dengan OJK secara intensif," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa (bunga) dalam suatu periode tertentu disebut suku bunga.

    suku bunga