Sukses

Pelindo I Siapkan Rp 34 Triliun Dukung Tol Laut Jokowi

PT Pelindo I akan menggunakan dana Rp 34 triliun untuk membangun 15 proyek strategis mulai dari pembangunan terminal peti kemas.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) mengaku sangat antusias dengan program-program‎ Presiden Jokowi terkait pengembangan sektor maritim di Indonesia.

Untuk mendukung hal itu, Direktur Utama Pelindo I, Bambang‎ Eka Cahyana mengaku telah menyiapkan dana untuk pembangunan beberapa pelabuhan di wilayahnya dalam lima tahun ke depan.

"Kami sampaikan dalam lima tahun ke depan akan kembangkan beberapa pelabuhan dengan nilai mencapai Rp 34 triliun," kata Bambang di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Dana tersebut diakui Bambang akan digunakan untuk membangun setidaknya 15 proyek strategis mulai dari pembangunan terminal peti kemas di Pelabuhan Belawan hingga pembangunan deep sea port, Pelabuhan Kuala Tanjung.

Untuk pembangunan Kuala Tanjung sendiri, Bambang mengaku akan memakan dana‎ mencapai Rp 17 triliun. Dalam tahap awal akan memakan dana US$400 juta.

Tidak hanya itu, Pelindo I juga akan membangun kawasan industri di sekitar Pelabuhan Kuala Tanjung dengan luas lahan mencapai 1000 hektar (ha).

"Memang untuk ini biaya paling besar di pembebasan lahan, ada 800 hektar lahan yang sudah ada, lalu 200 hektarnya kami akan reklamasi," pungkasnya.(Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.