Sukses

Pertamina Kembangkan Air Sebagai Bahan Bakar

PT Pertamina (Persero) sedang mengembangkan bahan bakar minyak jenis solar yang bisa dicampur air.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) sedang mengembangkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang bisa dicampur air. Jika pengembangan ini berhasil maka akan mendatangkan banyak manfaat.

Vice Presiden Reaserch and Development PT Pertamina (Persero), Eko Wahyu menyatakan, pengembangan solar dan air saat ini sedang tahap uji coba.

"Kami mencoba bahan bakar solar campur dengan air. Kami pakai untuk gerakan Isuzu Panther jalan sampai sekarang sejak November," kata Eko, di Sentul Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015).

Eko mengungkapkan, untuk mencampurkan solar dengan air tidak sembarangan ada unsur disulfactan agar solar tersebut bisa digunakan.

"Namun kuncinya ada disulfactan aditifnya, itu bisa mencampur solar dan air sedemikian sempurna," ungkapnya.

Dalam penelitian yang dilakukan, komponen air yang dicampurkan dengan solar sebanyak 20 persen. Saat ini uji coba tersebut akan dibuktikan dengan membedah mesin yang menggunakan air.

"Solar campur air sampai 20 persen bisa untuk gerakan bahan bakar Panther, kita berusaha 10 ribu KM. Nanti bukan mesinnya, saya mencoba sendiri hampir tidak ada penurunan daya," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.