Sukses

Harga Emas Bakal Makin Mahal

Liputan6.com, Chicago - Dalam beberapa pekan terakhir, harga emas terus bergerak naik lantaran kembali menjadi dambaan para investor sebagai nilai lindung investasi. Para analis memprediksi harga emas akan terus naik.

Meski begitu, seperti dikutip dari laman Business Standard, Senin (26/1/2015), mengingat faktor fundamental emas yang masih lemah, kenaikan harga logam mulia tersebut tak akan terjadi dalam jangka waktu panjang.

Dalam beberapa hari, hasil pemungutan suara di Yunani yang akan segera dirilis serta pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC), yang dijadwalkan berlangsung pekan depan akan menjadi catatan penting untuk pergerakan harga emas.

Untuk jangka menengah,  harga emas akan mengalami sejumlah koreksi mengingat harga komoditas terus naik sepanjang bulan. Dalam kurun waktu yang sama, harga emas telah naik sembilan persen menyusul ketidakpastian di zona euro. Harga emas telah menyentuh level tertingginya dalam lima bulan terakhir.

"Pada pemilihan umum di Yunani, partai Syriza diprediksi menang. Ini akan memicu reaksi tersendiri bagi harga emas mengingat Syriza tengah merestrukturisasi utang dan menentang langkah penghematan Eropa. Tentu saja, dalam jangka pendek, harga emas akan meningkat sebagai aset pengaman," terang Naveen Mathur, Associate Director of Commodities and Currencies di Angel Broking.

Dia memprediksi harga emas dapat naik ke level US$ 1.310 per ounce. Di pasar internasional, harga emas juga diprediksi akan bergerak ke level US$ 1.294 per ounce. Meski belum menyentuh US$ 1.300, tapi harga emas tetap diprediksi menguat.

Sebelumnya, euro terkoreksi terhadap dolar setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan kebijakan stimulusnya pekan lalu. Dan mendorong harga emas terus naik.

Namun, harga dolar terus meningkat ke level tertinggi dalam 10 tahun terakhir.  Hal itu juga menyebabkan harga emas berada di bawah tekanan dalam jangka menengah. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini