Sukses

Mendag Bentuk Tim Khusus Tinjau Ulang Kerja Sama RI-Jepang

Kementerian Perdagangan akan membentuk tim khusus untuk meninjau ulang kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana membentuk tim khusus untuk meninjau ulang (review) kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang yang jalin dalam Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA).

Menteri Perdagangan (Mendag), Rachmat Gobel mengungkapkan, tim tersebut rencananya akan dibentuk pada minggu depan setelah pihaknya melakukan pembicaraan dengan sejumlah kementerian terkait.

"Pastinya akan dibuat (tim khusus), pasti mereka punya tim, kita juga akan membentuk tim. Minggu depanlah, saya kan juga akan bicara dengan kementerian terkait, Kemenperin, KKP, Kementan," ujar Rachmat usai membuka Rapat Kerja (Raker) di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Selasa (27/1/2015).

Rachmat menargetkan, setelah tim tersebut terbentuk, peninjauan ulang ini dapat segera dilakukan pada tahun ini. Hal tersebut juga lantaran Kementerian Ekonomi Jepang atau Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) telah memberikan persetujuan agar peninjauan ulang ini dilakukan.

"Iya sudah beri sinyal, mau dia dilanjutkan. kita ingin secepatnya. Tahun ini lah, tinggal kita follow up kan," lanjutnya.

Nantinya, tidak hanya sektor elektronik dan otomotif saja yang akan ditinjau ulang. Beberapa sektor lain dalam perjanjian tersebut juga akan direview.

"Saya kira semua harus kita review.  Ya itu kita tawarkan nanti. Kita mau semuanya dong, kan dalam perdagangan harus kita lihat, sektor kelautan bagaimana, pertanian bagaimana, yang jelas perundingan itu harus semua menguntungkan dan memberikan nilai tambah," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini