Sukses

Banyak Kejadian Lucu Dalam Pembangunan Kilang di RI

Pada pemerintahan lama, ada ketidakcocokkan pandangan antar menteri yang terkait dengan pembangunan kilang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan banyak kejadian lucu dalam pembangunan infrastruktur pengolahan minyak (kilang) pada pemerintahan periode sebelumnya.

Sudirman Said mengungkapkan, ada ketidakcocokkan pandangan antar menteri yang terkait dengan pembangunan kilang.

"Soal kilang, banyak kejadian lucu misalnya tanah sudah disiapkan offtaker (pembeli hasil kilang) tak jadi tandatangan karena kilang tidak ekonomis. Kalau tidak ekonomis itu pedagang, ini kan untuk negara," kata Sudirman, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menurut Sudirman, jika tidak ada kecocokkan pandangan antar instansi terkait yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN, maka pembangunan kilang tak kunjung jadi kenyataan.

"Selama Menteri ESDM, Menteri Keuangan, Menteri BUMN tidak sama. Kondisi akan terus diputar," ungkap Sudriman.

Ia menambahkan, kondisi tersebut dapat memberikan celah pemburu rente yang bermain dalam pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) terus bermain.

"Kalau penyelenggara negara tidak lurus akan dipermaikan pemburu rente. Menteri Keuangan setuju, Menteri ESDM tidak setuju, dua-duanya setuju Menteri BUMN tidak mendukung," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini