Sukses

Wapres JK: Pasar Bebas ASEAN Ajang Kerja Sama dan Bersaing

Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan ajang kerja sama dan bersaing di kawasan ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA)  menggelar seminar bertajuk Peluang dan Tantangan Perekonomian Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam acara yang digelar di Hotel Borobudur ini, dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Pantauan Liputan6.com, JK memasuki ruangan acara pada pukul 19.30 WIB. Pada acara ini JK mengenakan kemeja abu-abu dan celana bahan hitam. JK mengatakan, dalam MEA yang berlangsung Desember 2015 hubungan antara negara menjadi erat.

"Apa isi yang dilaksanakan, ialah suatu community ingin kerja sama dengan dasar awal perdagangan bebas," kata dia, dalam sambutannya, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Namun demikian, dia mengatakan perdagangan yang bebas membuat perpindahan orang, barang dan jasa. "Nah apa menjadi tantangan karena flow bebasnya pergerakan barang, orang, jasa artinya kita mempunyai kerjasama sekaligus bersaing," ujar JK.

Ketua Penitia Dwi Wahyudi mengatakan, supaya Indonesia dapat bersaing dalam MEA 2015 mestinya adanya percepatan dalam pembangunan infrastruktur, peningkatan mutu pelayanan publik, dan efisiensi tenaga kerja.

"Sehingga diharapkan mampu menjadikan bangsa Indonesia yang memiliki daya saing ekonomi yang tinggi, " tandas dia.

Selain JK, acara ini juga akan dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.